Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

 

Oleh : Handar Ibrahim/ Santri 7 Pa 1 MTs Al-Mu’min Temanggung

Temanggung – Cara memakmurkan Temanggung ada banyak cara, antaralain dimulai keluarga dengan cara setiap keluarga harus mulai sholat malam, puasa senin kamis, sholat berjamaah di masjid, tadarus Al-Qur’an di masjid dll. Misalnya Temanggung sudah melakukan kegiatan itu jelasTemanggung akan terkenal dengan keislamannya dan bisa pula menjadikan orang non-muslim menjadi muslim dan berorganisasi didalam Muhammadiyah dan juga politik ekonominya tentu maju dan sukses.

Di dalam Muhammadiyah sudah ada organisasi masing-masing, yang mana organisasi ini mengatur sesuai dengan bidangnya masing-masing. Jadi, jelas bahwa Muhammadiyah adalah organisasi yang besar dan maju bahkan sekarang ini Muhammadiyah sudah berkembang hingga keluar negeri yang mana Muhammadiyah itu mempunyai landasan yaitu berpegang teguh pada Al-Qur’an dan As-Sunnah dengan tujuan menjadikan umat muslim yang berpegang teguh pada Qur’an dan As-Sunnah.

Muhammadiyah itu didirikan oleh K.H Ahmad Dahlan di Yogyakarta tepatnya di Kauman. Muhammadiyah telah mendirikan beberapa amal usaha diantaranya Rumah Sakit, Sekolah dll. Oleh karena itu K.H Ahmad Dahlan pernah berkata “ Hidup-hidupilah Muhammadiyah Jangan mencari Hidup di Muhammadiyah” Maksudnya adalah kita sebagai warga Muhammadiyah jangan hanya mencari hidup di Muhammadiyah tapi hidup-hidupilah Muhammadiyah. Oleh karena itu mulai sekarang kita jadikan Muhammadiyah lebih maju dan baik dari Sebelumnya.

Maksudnya dan Tujuan Muhammadiyah sejak berdiri hinggab sekarang telah mengalami beberapa kali perubahan redaksional. Perubahan susunan bahasa dan istilah tetapi dari segi isi tidak berubah dari semula. Pada awal berdirinya Menyebarkan pengajaran tentang nabi muhammad SAW kepada penduduk bumi putra dalam residensi Yogyakarta. Hingga sekarang maksud dan tujuan Muhammadiyah adalah menegakkan dan menjunjung tinggi agama islam sehingga terwujud masyarakat utama, makmur, adil yang di ridhai Allah SWT.

 

Amal Usaha Muhammadiyah Di bidang Pendidikan = Mendirikan Sekolah dan Perguruan Tinggi. Dibidang Kesehatan = Membangun Rumah Sakit dan Balai Kesehatan. Dibidang Ekonomi = Mendirikan Bank Muamalat dan lainnya. Dibidang Sosial = mendirikan Panti Asuhan dan Panti Jompo

Dalam acara ini yaitu hari bermuhammadiyah terdiri dari kira-kira jamaah berjumlah ratusan orang yang berkunjung untuk menyaksikan hari bermuhammadiyah itu. Bahkan Pondok kami yang ikut berkunjung tidak mendapatkan tempat duduk yaitu pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung.