STUDY WISATA GUNA BELAJAR DAN REFRESHING

 

 

Oleh : Mawar Ledya Serli/ Santri kelas 8 Pi 1 MTs Al-Mu’min Temanggung.

MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak  Temanggung kembali melaksanakan Study Wisata di Jakarta dan bandung.

Program ini dilaksanakan di setiap kelas VIII setelah memasuki Semester yang ke-2. Kegiatan ini selain untuk merefresh otak setelah sekian lama belajar dikelas, juga untuk belajar dialam bebas atau lingkungan terbuka. Karena belajar juga dapat dilakukan sambil bermain. Acara berlangsung sejak hari Rabu, 24 Januari 2018 sampai sengan hari sabtu 27 januari 2018. Berangkat dari Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung menuju ke tempat tujuan dengan kendaraan bus pada pukul 13.30 WIB.

Tempat yang kami kunjungi diantaranya Rumah Makan Kedung Roso Brebes. Disana Ustad dan Ustadzah menikmati santap makan malam pada pukul 19.00 wib dan tak lupa juga menunaikan Shalat Isya’ di Mushola rumah makan. Seusai mengerjakan shalat, kami melanjutkan perjalanan . pada pukul 04.00 wib, sampailah rombongan di Jakarta. Tempat pertama kali yang dikunjungi adalah Masjid Istiqlal. Disana kami mandi dan menunaikan shalat Subuh berjamaah. Kemudian, setelah selesai shalat Santriwan dan Santriwati dikumpulkan menjadi satu dengan pengawasan dari ustad dan ustadzah untuk mendengarkan penjelasan dari narasumber tentang sejarah singkat masjid Istiqlal untuk dibuat menjadi laporan. Meninggalkan masjid Istiqlal. Santri dibawa keliling monas dengan bus karena tidak dapat langsung menginjakan kaki  di monas. Perjalanan dilanjutkan menuju Taman Impian Jaya Ancol, mengunjungi Gelanggang Samudera (GSA) serta Dunia Fantasi (DUFAN). Sore harinya, kami langsung menuju ke penginapan Islamic Centre, Bekasi barat atau asrama Haji untuk menginap semalam dan melepas lelah setelah seharian penuh beraktivitas. Keesokan harinya (Jum’at 26/1/2018) perjalanan dilanjutkan menuju monumen ke monumen Pancasila Sakti yang bertempat di Jl Raya Pondok Gede , Lubang Buaya, Jakarta Timur dan PP IPTEK yang bertempat di TMII.

Siang harinya, kami melaksankan shalat jum’at di masjid kompleks Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Perjalanan selanjutnya menuju Bandung ke pusat kerajinan kulit Cibaduyut, untuk membeli berbagai oleh-oleh. Setelah berbelanja, kami menuju rumah makan SUKAHATI untuk makan malam dan shalat juga isya’. Meniggalkan RM SUKAHATI, rombongan melanjutkan perjalanan pulang dan mapir sebentar di pusat oleh-oleh makanan khas Jawa Barat di Tasikmalaya. Akhirnya rombongan sampai di pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Sabtu 27 Januari 2018 pada pukul 06.45 WIB.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin anda suka . . . .

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

Temanggung - (30/7/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang...