Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

Oleh: Mawar Ledya Serli/ Santri Kelas 8 Pi MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung, member Kelas Literasi MTs Al-Mu’min Muhammadiyah.

Temanggung – Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Muhamamdiyah (PW IPM) Jawa Tengah menyelenggarakan Seminar Literasi pada hari Jum’at, 16 Februari 2018 bertempat di gedung Graha Bhumi Phala Temanggung. Acara ini bertema “Spirit Literasi Berdikari sebagai Manifesto Gerakan Keilmuan IPM Jateng yang Berkemajuan dan Aktualisasi Jihad Literasi”.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 450 peserta, terdiri dari jajaran PW IPM, PD IPM se-Jateng, dan PR IPM MTs, MA, SMK Al-Mu’min Muhamamdiyah Tembarak beserta sebagian dari para santrinya. Seminar Literasi ini bertujuan untuk mencetak kader pelajar Muhamamdiyah yang berkemajuan dengan pergerakan literasi sebagai budaya bangsa.

Acara tersebut dimulai dengan tampilan-tampilan dalam pra-acara. MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak menampilkan SAHTA sebagai program unggulan di pondok serta penampilan dari Dimas Firmansyah santri Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammdiyah Tembarak penulis buku Antologi Puisi “Mata Pelajar”, yang tampil di panggung membacakan puisi berjudul “Salam Senja”.

Kegiatan Seminar Literasi ini diisi oleh orang yang berkompeten, yaitu Ahmad Basyirudin (Ketua PW IPM Jateng), Cipto Suwondo (Ketua Balai Bahasa Jateng), dan Daud Effendi (Dosen UNY). Seminar tersebut membuka wawasan bahwa berliterasi adalah segala sesuatu yang menyangkut kehidupan atau life long learning, proses belajar sepanjang masa dalam rangka menjadi subjek, yaitu karakter orang yang bijak, kritis dan kreatif.