Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

Seminar Literasi Bersama Hendro Martono
January 24, 2021

Oleh: Handar Ibrahim/ Santri kelas 7 Pa 1 MTs Al-Mu’min Temanggung.

Seminar kali ini mengambil tema Membumikan budaya literasi dalam membangun pelajarAl-Mu’min yang berkemajuan. Literasi dari kata literar yang berarti Menulis/Membaca. Dua dari banyak jalan membumikan budaya literasi  menurut Taufik Ismail; Jalan yang pertama adalah dengan cara membaca dengan buku ciptaanya “ Aku menjadi orang indonesia dengan 100 puisi. Jalan yang kedua adalah dengan cara menulis.

Ke dua jalan tersebut untuk membumikan budaya literasi. Jadi pelajar itu jangan malas menulis. Ingat menulis menulis menulis Ungkap “Hendro Martono”. Adapun pesan yang disampaikan oleh Bp Hendro Martono adalah Sebagai berikut: Ingat Kalau hatimu ingin bersedakah lepaskanlah; Ingat kalau hatimu ingin belajar lepaskanlah  Membumikan budaya literasi melalui budaya,Tradisi dan kebiasaan.

Pak Hendro bercerita, K.H Agus Salim itu anaknya sering disuruh tapi iya berusaha bagaimanapun agar bisa belajar dan sekolah di sekolah terbaik dan lulusan terbaik se-Indonesia dan akhirnya kartini memberi penghargaan kepada Agus Salim. Cara belajar Agus Salim ia terpaksa menaiki genting untuk belajar agar tidak diketahui banyak orang dan sejuk menurutnya. Sampai-sampai genting rumahnya itu rusak. Cara agar pelajar Indonesia literasi adala kalau gurumu tidak menyuruh membaca kamu harus membaca terlebih dahulu.