Ramadan Menyenangkan dengan Kegiatan Ponra Ceria 2018
Oleh :Author

Oleh Fikriya Rahma Putri, santri kelas 8 Pi MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak

Kamis- Ahad, 31 Mei-03 Juni 2018 Santriwati kelas 7 dan 8 MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak mengikuti kegiatan Ponra (Pondok Ramadan) Ceria 2018 di Mi Muhammadiyah Purwodadi yang diadakan oleh kerjasama antara AMM (Angkatan Muda Muhammadiyah) Purwodadi dengan MI Muhammadiyah Purwodadi.

Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang diadakan oleh AMM dengan MI Muhamamdiyah Purwodadi. Untuk tahun ini tema yang diambil adalah “Membentuk Generasi Islami yang Cerdas, Beriman dan Berkemajuan”.

Ponra Ceria ini diawali dengan pembukaan oleh ustadz Badrun Musthofa dari Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Temanggung dan dihadiri pula Bapak Siswatiyo selaku Majlis Dikdasmen Daerah, dan segenap jajaran PCM, PCA, PCPM, PCNA di lingkunan Tembarak. Disela-sela acara pembukaan pula ada pelantikan pengurus NA ranting Purwodadi.

Berbeda dengan acara pondok Ramadan yang lain, kegiatan Ponra dikemas dengan sangat unik, memadukan materi agama dengan materi umum dan lainnya. Selain materi keagamaan yang diberikan seperti “Pengenalan Aqidah dan Tauhid” dan “Implementasi Puasa dalam Kehidupan Sehari-hari”, ada pula materi terkait dengan psikologi perkembangan yaitu “Pengenalan Potensi Diri dan Manajemen Cita-cita”, ditambah materi yang sangat kekinian yaitu pembuatan roket air sampai peluncurannya.

Tak ketinggalan pula kegiatan yang lebih menyenangkan dan membahagiakan diberikan di Ponra Ceria ini, yaitu kegiatan senam pagi setiap pukul 05.30-06.00 WIB dan outbond yang diadakan pada hari Sabtu, 02 Juni 2018.

Ada hal yang sangat menarik dari kegiatan ini adalah kedatangan tamu yang tidak diduga-duga yaitu pendongeng nasioanl kak Damar dari Magelang. Pendongeng yang sering membawa boneka tangan Apin ini bercerita tentang “Pahala Bagi Anak yang Membaca Al-Qur’an”. Meskipun acara berlangsung sampai malam, para peserta tetap menikmati apa yang disampaikan oleh kak Damar.

Puncak acara Ponra Ceria adalah kegiatan pentas seni pada malam terakhirnya. Masing peserta berkumpul dengan kelompoknya untuk menampilkan kreativitasnya masing-masing, bisa berupa yel-yel kelompok atau menyanyikan lagu bernuansa Islami.

Pagi harinya, Ahad 03 Juni 2018 peserta selesai mengikuti seluruh rangkaian acara dan dilanjutkan dengan penutupan yang dilakukan oleh ketua panitia acara Muhammad Miqdad Asy Syafuq, S.Pd.I. Kemudian peserta dipersilahkan untuk pulang, tetapi sebelumnya banyak di antara peserta yang melakukan foto-foto di area foto yang sudah disediakan oleh panitia.

Muhammad Miqdad Asy Syafuq, S.Pd.I mengungkapkan bahwa Ponra Ceria 2018 ini berbeda dengan sebelumnya,” Ponra kali ini berbeda dengan sebelumnya, karena ada penambahan materi seperti roket air dan dongeng Islami, disamping itu pula kami memaksimalkan potensi AMM dalam kegiatan ini seperti saat materi roket air, yang memberikan adalah rekan AMM kami yaitu Khoirul Azizi, S.T, dan tentunya lebih berkesan karena kami sediakan area foto agar momen Ponra lebih terabadikan dengan baik”.

 

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin anda suka . . . .

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

Temanggung - (30/7/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang...