Ponpes Al-Mu’min Helat Acara khutbah Wada’

oleh :  Mawar Ledya Serli (member kelas literasi MTs Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak).

Temanggung – Pondok Pesantren Al Mu’min Muhammadiyah tembarak, Temanggung mengadakan acara “ Khutbah Wada’ “ atau yang biasa disebut dengan khutbah perpisahan. Acara tersebut berlangsung pada hari Ahad, 13 Mei 2018 yang bertempat di Gedung Islamic Center IPHI Temanggung Jl. Sundoro Kertosari Temanggung (100 meter sebelah timur kerkop Temanggung).

Acara tersebut dihadiri oleh kurang lebih 800 orang yang terdiri dari wisudawan dan wisudawati dari ke 3 unit pendidikan yaitu MTs, MA dan SMK beserta dengan wali santrinya, tak lupa Ponpes Al Mu’min juga turut mengundang beberapa pimpinan IPM, Dewan kerabat HW dan tapak suci. Acara tersebut dimulai pada pukul 07.00 WIB  sampai dengan selesai.

Pada pra acara diisi oleh penampilan dari santriwan dan santriwati Ponpes Al Mu’min seperti drama (oleh santriwan), semapoer hizbul wathan (oleh santriwati), Sahta atau sahla wa tatrikhan yang artinya mudah menyenangkan, sahta adalah metode belajar bahasa arab dengan praktis menggunakan lagu yaitu perpaduan metode nahwu dan tamyiz (oleh santriwati), paduan suara pra acara (oleh santriwan) dan lain-lain.

Memasuki acara diawali dengan pembukaan.kemudian gema wahyu illahi dan disusul dengan penampilan tilawah dan paduan suara oleh santriwati Al Mu’min, setelah itu Ustadz Syamsuri Adnan, S.Pd selaku mudirul Ma’had  Al Mu’min naik ke atas panggung unruk memberi sambutan-sambutan. Sebelum memasuki acara inti yaitu proses wisuda ada pengumuman penghargaan kepada santri berprestasi  2018 Ponpes Al Mu’min diantaranya Dzikrina amalia Husna (MTs), Yuni Sartika (SMK), dan Muhammad Zuhan Aminurrahman (MA).

Setelah prosesi wisuda selesai maka dilanjutkan dengan orasi ilmiah dari Bapak Dr.H.M Abdul Fatah Santoso, M.Ag  (Wakil ketua PWM Jawa Tengah sekaligus Rektor UMS ), untuk acar penutupan maka dibacakan doa yang dipimpin oleh Bapak Taufik Hidayat (Santriwan MA Al Mu’min Kelas XI). Kemudian, akhir acara dilanjutkan dengan sesi foto meski tangis haru dirasakan oleh segenap keluarga besar Ponpes Al Mu’min karena perpisahan tersebut, namun kebahagiaan masih menyelimuti segenap keluarga besar Ponpes Al Mu’min karena memang kepergian santri kelas IX dan XII (MTs, MA, SMK) meninggalkan kenangan.

Banyak prestasi akademik maupun non akademik yang berhasil mereka torehkan sebagai kebanggaan bagi Ponpes Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin anda suka . . . .

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

Temanggung - (30/7/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang...