Percepatan Mengalahkan Kesempurnaan: sisi lain PPDB MTs Al Mu’min Muhammadiyah Gelombang I
Oleh :Author

oleh Mawar Ledya Serli, santri kelas 8 Pi dan member kelas Literasi

MTs Al-Mu;min Muhammadiyah Tembarak Temanggung mengadakan acara Tes Penerimaan Peserta Didik Baru pada hari Ahad, 25 Maret 2018. Acara tersebut diikuti oleh 111 santri baru dari 125 calon santri yang mendaftar. Tes gelombang I ini dibagi dalam 3 sesi.

Sesi pertama adalah tes tulis Al-Qur’an untuk kelas Reduler maupun kelas Tahfidz. Selanjutnya mengikuti tes membaca Al-Qur’an, tetapi khusus kelas Tahfidz ada tambahan yaitu menghafal satu ayat yang sudah disediakan oleh panitia. Sesi kedua adalah tes psikotes, yaitu santri menjawab beberapa pertanyaan dari panitia terkait dengan motivasi masuk MTs. Sesi ketiga adalah khusus untuk calon wali santri. Mereka diberikan waktu khusus untuk dapat dikorek keterangan latar belakangnya masing-masing.

Acara Tes Penerimaan Santri ini juga melibatkan para santri yaitu pengurus ranting IPM, HW, dan TS yang terlibat dalam kepanitiaan. Hebatnya lagi, kelas IX yang sebentar lagi menempuh ujian akhir sekolah pun dilibatkan dalam kegiatan sebagai pendamping calon santri baru.

Acara tersebut berlangsung dengan lancer tanpa ada kendala yang berarti. Para tamu calon santri dan wali santrinya juga mendapatkan pelayanan yang baik, termasuk pemberian jamuan makan siang, sembari menunggu hasil pengumuman tes.

Setelah pengumuman, calon santri dan walinya bergegas pulang. Namun, sebelum pulang dari panitia sudah menyiapkan kejutan berupa cinderamata kerajinan pigura yang bertempelkan foto mereka. Pigura tersebut dibuat dari bahan-bahan yang sederhana yaitu ranting kecil, kardus bekas, lem, pita serta plastik pembungkus agar terlihat menarik. Kerajinan tersebut merupakan salah satu kreativitas santri yang mampu menggunakan barang bekas menjadi barang yang bernilai.

Acara tersebut adalah acara yang spektakuler, karena baru pertama kali diadakan. Tidak hanya itu, acara tersebut mampu menghadirkan suasana kekeluargaan calon santri dengan keluarga besar MTS Al-Mu’min Muhammadiyah. Desain acara tersebut dibuat dengan meja dan kursi yang melingkar membuat kesan elegan dan penuh dengan rasa santai kekeluargaan.

Desain acara dibuat yang sedemikian itu bertujuan agar nantinya calon peserta didik merasa diperlakukan dengan pelayanan paripurna serta menambah daya tarik calon santri terhadap pondok, terkhusus MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin anda suka . . . .

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

Temanggung - (30/7/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang...