Ada pertanyaan?   Phone : (0293) 490 3344   Email: mtsalmukmintembarak@gmail.com

 Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

PELANTIKAN GABUNGAN DEWAN KEPEMIMPINAN HIZBUL WATHAN Dan PR TAPAK SUCI MTs AL – MU’MIN  
May 19, 2022

TEMANGGUNG, Pondok Pesantren Al – Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung, memiliki 3 Organisasi Muhammadiyah yang sudah berjalan sejak berdirinya Pondok Pesantren ALMATERA. 3 Organisasi Muhammadiyah tersebut adalah OSIS yang kemudian berganti nama dengan IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah ), HW (Hizbul Wathan) dan TS (Tapak Suci).

DeKa HW dan PR TS Periode 2021/2022 MTs Al – Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung melaksanakan acara Pelantikan DeKa HW dan PR TS Periode 2022/2023 pada Ahad, 13 Februari 2022. Pelantikan tersebut dilaksanakan di depan masjid kampus 1 Pondok ALMATERA.

Pelantikan DeKa HW dan PR TS ini disaksikan oleh Samsul, M.Pd ( Kepala Sekolah Mts Al – Mu’min ),  Larasati, S.E ( Pembina HW ), Niya Kurniawati ( Pendamping HW ), Auliya Lasaufa Yardha ( Pembina TS Putri ) dan seluruh santriwati Madrasah Tsanawiyah  .

Samsul, M.Pd, selaku Kepala Sekolah MTs Al – Mu’min, dalam sambutannya menyampaikan “Kami akan turun langsung terhadap persyarikatan Muhammadiyah dalam pengembangan fasilitas dan apresiasi terhadap organisasi persyarikatan Hizbul Wathan dan Tapak Suci. Dengan tujuan dapat menuangkan semangat kepada pengurus periode 2022/2023 dalam menjalankan tugasnya.”

Dua Ortom

Gerakan Kepanduan Hizbul Wathan ( HW ) adalah salah organisasi otonom di lingkungan persyarikatan Muhammadiyah. HW didirikan pertama kali di Yogyakarta pada 1336 H ( 1918 M ) atas prakarsa KH. Ahmad Dahlan, yang merupakan pendiri Muhammadiyah. HW mengusung slogan “ 3 M yaitu Menarik, Menyengkan dan Menantang.”

Pondok Pesantren ALMATERA telah menetapkan kepengurusan HW dengan nama Dewan Kerabat Hizbul Wathan ( DKHW ). Disetiap jenjang pendidikan baik MTs, MA dan SMK memiliki DKHW

HW berasaskan Islam. HW didirikan untuk menyiapkan dan membina anak, remaja, dan pemuda yang memiliki aqidah, mental dan fisik, berilmu dan berteknologi serta berakhlak karimah dengan tujuan terwujudnya pribadi muslim yang sebenar-benarnya dan siap menjadi kader persyarikatan, umat, dan bangsa. Salam Hizbul Wathan.

Salam HW…!!!

Salam Fastabiqul Khoirat…!!!

Tapak Suci Putra Muhammadiyah adalah sebuah aliran, perguruan, dan organisasi pencak silat yang merupakan anggota IPSI ( Ikatan Pencak Silat Indonesia ).Tapak Suci berasas islam, bersumber Al – Qur’an dan As – Sunnah, berjiwa persaudaraan, berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah sebagai organisasi otonom yang ke – 11. Tapak Suci berdiri pada tanggal 10 Rabiul Awal 1383 H, atau bertepatan pada tanggal 31 Juli 1963 di Kuman, Yogyakarta.

Aliran TAPAK SUCI, adalah keilmuan pencak silat yang berlandaskan Al Islam, bersih dari syirik dan menyesatkan, dengan sikap mental dan gerak langkah yang merupakan tindak tanduk kesucian dan mengutamakan Iman dan Akhlak, serta berakar pada aliran Banjaran-Kauman, yang kemudian dikembangkan dengan metodis dan dinamis.

Perguruan TAPAK SUCI, adalah perguruan yang merupakan peleburan sekaligus kelanjutan dari tiga paguron yang pernah ada sebelumnya, yaitu: Kasegu, Seranoman, dan Kauman, berlandaskan Al – Islam dan berjiwa ajaran KH. Ahmad Dahlan, membina pencak silat yang berwatak serta berkepribadian Indonesia, melestarikan budaya bangsa yang luhur dan bermoral, serta mengabdikan perguruan untuk perjuangan agama, bangsa, dan Negara.

Dengan Iman dan Akhlak saya menjadi kuat, tanpa Iman dan Akhlak saya menjadi Lemah…!!!

Penulisnya :

(Umi Hasan P.J./ Tsamuha)