Ada pertanyaan?   Phone : (0293) 490 3344   Email: mtsalmukmintembarak@gmail.com

 Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

MUSYAWARAH CABANG XI
October 5, 2022

TEMANGGUNG, Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Muhammadiyah Periode 2021 / 2022 mengadakan acara MUSYCAB ( Musyawarah Cabang ) yang ke XI pada Ahad, 23 Januari 2022. Muhammadiyah melalui Ikatan Pelajar Muhammadiyah berusaha untuk mengatasi permasalahan – permasalahan yang terjadi di kalangan pelajar dengan melakukan suatu perkaderan yang baik, yang mampu melahirkan kader – kader Intelektual Religious. Ikatan Pelajar Muhammadiyah adalah suatu gerakan dakwah amar ma’ruf nahi munkar dikalangan pelajar Muhammadiyah untuk menciptakan generasi – generasi yang cerdas, berilmu, berakhlak mulia, sehingga terwujud masyarakat Islam yang sebenar – benarnya.

MUSYCAB XI ini , PC IPM PONPES ALMATERA PUTRI mengangkat tema “ Manifestasi Rasa Tanggungjawab Dalam Bingkai IPM Berkeadaban, Mengibas Tuntas Imperfeksi Organisasi.” MUSYCAB XI diikuti oleh 71 peserta santriwati Pondok Pesantren ALMATERA.

“ Mengapa saya mengangkat tema Manifestasi Rasa Tanggungjawab Dalam Bingkai IPM Berkeadaban, Mengibas Tuntas Imperfeksi Organisasi ? karena untuk mewujudkan IPM yang selalu beramar ma’ruf nahi munkar dan tidak menjadi gaya – gaya saja dalam kepemimpinan serta tidak lalai dalam Tanggungjawab dengan amanahnya.” IPMawati Salwa Salsabila

Untuk melakukan regenerasi kepemimpinan dan merupakan media dialetika pemikiran dalam menentukan nasib pergerakan IPM di tingkat Pimpinan Cabang, kecerdasan, kepekaan dan keberanian dalam melakukan pembacaan realitas sosial sangat menentukan dalam penerjemahan hasil muktamar dan pedoman agenda aksi di tingkat cabang dengan adanya sinergritas antara pimpinan ranting, pimpinan cabang, pimpinan daerah, pengasuh pondok dan asatidz / asatidzah.

Ketua Umum PC IPM ALMATERA, Zhafirah Nurulhusna menyampaikan bahwa “ tugas pemuda adalah mengulang sejarah. Dengan berproses dalam kebaikan yang dilakukan sampai akhir hayat. Menjadi sebaik – baiknya penerus bangsa. Pemuda harus mempunyai 3 landasan yaitu Landasan X ( Garis, yaitu kecerdasan intelektual ) , Landasan XY ( Bidang, yaitu kecerdasan spiritual ) dan Landasan XYZ ( Ruang, yaitu pondasi utama ).”

MUSYCAB XI dihadiri oleh Kyai Syamsuri Adnan selaku Direktur Pondok Pesantren ALMATERA, Mutiasih selaku Kepala Kepengasuhan Putri sekaligus Pembimbing PC IPMawati ALMATERA dan IPMawan Sofyan Faiz selaku Pimpinan Daerah Temanggung. MUSYCAB XI PUTRI dilaksanakan selama satu hari penuh. Dimulai pada pukul 09.00 – 22.00.

“ Adab adalah kunci kesuksesan. Sebelum menyerap ilmu, adab dahulu yang dikerjakan karena kalau adab dilupakan, maka akan hancur.” Begitulah pesan Kepala Kepengasuhan Putri, Mutiasih, S.Pd.

Acara MUSYCAB XI PUTRI dimulai dengan Sidang Pleno 1 dengan pembahasan Pembacaan dan Pembahasan Tata Tertib MUSYCAB XI PC IPM ALMATERA. Kemudian dilanjutkan sampai dengan Sidang Pleno 5 dengan pembahasan Pembacaan dan Pembahasan LPJ MUSYCAB XI PC IPM ALMATERA. LPJ ( Laporan Pertanggung Jawaban ) PC IPM ALMATERA dibacakan dihadapan jajaran musyrifah dan segenap santriwati yang menjadi saksi.

“ Alhamdulillah, Laporan Pertanggung Jawaban telah selesai kami susun, purna sudah amanah yang kami emban selama satu periode ini. Terimakasih kami ucapkan setulus – tulusnya kepada seluruh jajaran PC IPM PonPes Almatera Putri Periode 2021 / 2022 yang telah membersamai, saling memberi semangat, dan pantang menyerah dalam berjuang selama satu periode ini. Semoga kedepannya tercipta kepemimpinan yang lebih baik dari periode ini. Jadi pelopor, pelangsung, dan penyempurna amanah. Nuun Walqalami Wama Yasthurun.” Pesan terakhir PC IPM ALMATERA Putri.

Penulisnya :

(Umi Hasan P.J./ Tsamuha)