MTs Al Mu’min Siap Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Tembarak- MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak membuat gebrakan baru dalam dunia pendidikan di Temanggung dengan melangsungkan Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017. Simulasi berlangsung selama 2 hari, senin  s/d selasa, 27-28 Februari 2017. Simulasi hari pertama adalah mata pelajaran Matematika dan hari kedua adalah mata pelajaran Bahasa Inggris.
Simulasi UNBK oleh MTs Al-Mu’min Muhammadiyah ini mendapatkan apresiasi dari ibu Pengawas Madrasah Kabupaten Temanggung Anik Yulianti, M.Pd yang turut hadir dan menunggu selama kegiatan simulasi berlangsung yang ditemani kepala MTs Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Samsul, S.Pd.
Pelaksanaan UNBK oleh MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak merupakan salah satu prestasi membanggakan. Pasalnya dari 33 Madrasah Tsanawiyah (MTs) baik negeri maupaun swasta yang ada di Temanggung, hanya MTs Al Mu’min Muhammadiyah Tembaraklah yang akan menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).
Adapun santri kelas IX MTs Al Mu’min Muhammadiyah yang mengikuti simulasi UNBK ini terdiri dari 63 peserta. 31 peserta santriwan dan 32 peserta santriwati.   Simulasi ini terbagi menjadi 3 shift. Masing-masing shift ada 21 peserta. Shift pertama dimulai dari pukul 07.30-09.30 WIB, shift kedua pukul 10.30-12.30 WIB, dan shift ketiga pukul 14.00-16.00 WIB.
Selama pelaksanaan simulasi UNBK ini tidak ada kesulitan-kesulitan yang berarti. Para peserta simulasi tidak perlu banyak beradaptasi dengan komputer. Karena memang dalam kurikulum  madrasah sudah ada mata pelajaran Teknologi dan Informasi (TIK) yang berbasis komputer. Selain itu dalam simulasi juga diawasi oleh 2 teknisi profesional yang siap membantu apabila ada kesulitan dalam pelaksanaan.
Pelaksanaan UNBK ini diharapkan mampu memperlancar pelaksaan Ujian Nasional dan juga meningkatkan kualitas dari sisi akademik. “UNBK itu pakai komputer jadi tidak harus menghitamkan kertas ujian yang bikin grogi, dan juga mudah-mudahan ada peningkatan pada sisi akademik”. Ungkap Zainal Mutaqin, S.Pd.I selaku panitia simulasi UNBK sekaligus Waka Kurikulum. (oela)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *