MTs Al-Mu’min Presentasikan Hasil Student Exchange ke Malaysia dan Singapura didepan 33 kepala MTs se Kabupaten Temanggung
Oleh :Author

Temanggung, (Samsul, M.Pd., principal MTs Al-Mu’min). Rapat Kelompok Kerja Madrasah (KKM) yang dihadiri 33 kepala MTs se Kabupaten Temanggung dan Kepala Kasi Pendidikan Madrasah Kantor Kemenag Kabupaten Temanggung  Rabu, 21/3 di MTs Negeri 1 Parakan ada yg berbeda dari biasanya. Pasalnya, dalam rapat tersebut diawali dengan presentasi hasil Student Exchange ke Malaysia dan Singapura  Kepala MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung,  Samsul, M.Pd. Selama kurang lebih satu jam presentasi dan dialog berlangsung, tampak para kepala madrasah antusias mendengarkan paparan isi Pedoman Pembelajaran Abad Ke 21 (PAK-21) dan Standart Kualiti Pendidikan Malaysia Gelombang Kedua (SKPMg2).

Buku tersebut, saya baca, saya dengarkan isi penjelasan kepala dinas distrik Muar mengenai  buku tersebut, dan saya lihat dipraktikkan di proses pembelajaran Sekolah Menengah Kebangsaan Datok Sri Amar Diraja Muar Johor Malaysia, sungguh sangat luar biasa. Mereka  menatap masa depan pendidikan  penuh dengan  keyakinan. Mereka punya moto Muar Number One, Muar Pendidikan Mapan.

Saya lihat  setiap sudut kantor dinas dan sudut-sudut sekolah selalu dipenuhi dengan pesan-pesan pendidikan. Karakter siswanya mantab sopan dan sangat menghargai tamu. Secara konsep jika saya setarakan dengan  K13 di Indonesia, sangat mirip. Bedanya, mereka komitmen memegang PAK-21 dan  SKPMg2  sebagai buku pedoman,  sementara pendidikan kita rentan dengan muatan politik. Ganti pemimpin ganti kebijakan. Pendidikan kita terbelenggu dengan politik. Demikian ustadz Samsul mengakhiri presentasi yang disambut dengan tepuk tangan para kepala.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin anda suka . . . .

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

Temanggung - (30/7/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang...