Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

oleh : Salsabila Aulia Sani dan Cantika Auralia Juniar ( santri kelas 7 Pi MTs Al Mu’min Muhammaduyah Tembarak)

Temanggung – Pada hari senin, Tanggal 27 April 2018 MTs Al mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung mengadakan kemah Perkemahan Senin Sampai Rabu (Perserasa) tepatnya di desa Bengkal, Kecamatan Kranggan, Kab Temanggung. Kemah ini diadakan untuk mengisi kekosongan kegiatan belajar mengajar karena adanya Ujian Nasional. Kami berangkat menuju lapangan bengkal pukul 08.00 WIB, acara ini dibuka oleh Ustadz Imam Prayogo selaku Waka Kesiswaan.

Hari pertama kami mengisi acara tersebut dengan memasak, bersih-bersih, mencari kayu bakar, membuat yel-yel dan wide game pada malam hari. Peserta memasak makan siang dan makan secara berkelompok, bahan-bahan dan bumbu dapur sudah di siapkan oleh panitia bagian kosumsi. Setelah memasak peserta melaksanakan sholat dhuhur berjamaah di lapangan, setelah sholat peserta membersihkan tenda dan makan siang.

Tenda peserta terdiri dari dua tenda besar, satu tenda untuk dua kelompok dan untuk panitia 2 tenda kecil, an 1 tenda untuk kokam (keamanan). Pada malam hari kami melaksanakan wide game yang telah disiapkan oleh panitia pada game ini peserta diminta untuk memecahkan sandi, meraba benda, mencium, merasakan dan menampilkan yel-yel kemudian dilanjutkan istirahat malam. Keesokan harinya peserta dibangunkan oleh panitia pada pukul 03.00 WIB dini hari untuk melaksanakan sholat tahajud, sholat subuh, murojaah dan kultum di masing-masing tenda, lalu dilanjutkan dengan kegiatan senam pagi dan jatah piket masak sarapan.

Setelah sarapan kemuadian peserta dikumpulkan di tengah lapangan untuk mengikuti kegiatan wide game baru, diantaranya ada merayap, meniup bola pingpong ke dalam gelas yang selanjutnya diisi air, estafet tepung dari depan kebelakang, balon beruntun, kemudian seluruh peserta dan panitia mandi dan istirahat sebentar kemudian dilanjutkan mempersiapkan pentas seni untuk malam puncak, yang mendapat jatah piket masak memasak untuk makan malam.

Malam telah tiba kami semua mengumpulkan kayu bakar untuk api unggun, kayu terkumpul panitia dan ustadz imam prayogo membuat api unggun, walaupun api unggunya sederhana. Sekitar pukul 21.00 kami semua berkumpul untuk menyalakan api unggun dan pentas seni yang telah dibuat oleh peserta berdasarkan kelompoknya, setelah itu kami istirahat.

Keesokan harinya kami semua melakukan senam pagi di lapangan bersama ustadzah kholifah dilanjutkan dengan MCK, bersih-bersih tenda untuk persiapan pulang ke pondok. Selesai bersih-bersih kami menunggu jemputan, kami dijemput dengan mobil truk dan 2 pic up tak lama kemudian kendaraan dating untuk menjemput peserta, sedangkan panitia dan Ustadzah pembimbing masih menunggu pic up dan membersihkan tenda peserta yang masih ada sampahnya/ barang yang tertinggal, akhirnya mobil jemputan dating juga kita semua meninggalkan lapangan dan menuju pondok Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung.

Alhamdulillah perserasa (perkemahan senin sampai Rabu) ini terlaksana dengan baik dan lancer