MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Goes to Jakarta

MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak kembali menggelar kegiatan studi wisata. Acara tersebut diselenggarakan dari hari Selasa s/d Jum’at, 17-20 Januari 2017. Studi wisata ini diikuti oleh seluruh kelas 8 MTs Al-Mu’min Muhammadiyah yang berjumlah 81 peserta dan didampingi sebagian ustadz ustadzah. Studi wisata merupakan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan sembari berkarya wisata.
Destinasi studi wisata kali ini adalah Jakarta dan Bandung. 

Hari pertama berada di Jakarta tempat yang dikunjungi adalah Masjid Istiqlal, Gelanggang Samudera Ancol (GSA) dan dilanjutkan menuju Pantai Marina. Para peserta studi wisata kemudian melanjutkan perjalanan menuju Asrama Haji di Bekasi untuk bermalam.
Hari kedua dalam kegiatan studi wisata ini para peserta menuju Museum Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (PP IPTEK) yang berlokasi di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Setelah itu melanjutkan perjalanannya menuju Puncak Bogor.
Tempat yang dituju selanjutnya adalah Cibaduyut, di mana peserta bisa berbelanja dan membawakan oleh-oleh khas Cibaduyut. Setelah itu melanjutkan perjalanan pulang ke madrasah.
Tujuan studi wisata selain mengenalkan para santri dengan tempat-tempat rekreasi yang ada di Indonesia juga memiliki arti pendidikan. “Studi wisata ini di harapkan para santri bisa memperoleh pengalaman dan pembelajaran. Pembelajarannya bisa diperoleh ketika santri mengunjungi Museum Pancasila Sakti, Lubang Buaya untuk mengetahui bagaiamana kekejaman PKI terhadap para jenderal ABRI pada saat itu, dan juga melek terhadap sejarah Indonesia. Selain itu santri bisa rekreasi di Gelanggang Samudera Ancol (GSA) dan Pantai Marina. Di samping itu juga bisa menimba informasi dunia teknologi di PP IPTEK dan TMII. Selain itu peserta juga harus membuat laporan kegiatan studi wisata sebagai penutup rangkaian kegiatan studi wisata”. Kata Imam Prayogo, S.Pd selaku ketua panitia kegiatan tersebut. (Annisa Nur Hanifah*/oela)

*Penulis adalah santriwati kelas 8 Pi asal Wonosobo, anggota Peminatan Literasi, dan Sekretaris Umum IPMwati Ranting MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin anda suka . . . .

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

Temanggung - (30/7/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang...