Jelang Praktik Dakwah Lapangan, MTs Al Mu’min Ajarkan Praktik Mengajar Pada Santri
Oleh :Author




Tidak jauh berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya, MTs Al mu’min Muhammadiyah Tembarak kembali melaksanakan program bersama MI Muhammadiyah, yakni kegiatan Micro Teaching. Kegiatan yang mengajarkan santri kelas IX untuk praktik berdakwah sebelum dilepaskan langsung kepada warga.




Micro teaching tahun ini dilaksanakan mulai hari Senin, 6 November 2017 – Selasa, 21 November 2017. Pada hari pertama, yang diwakilkan oleh 6 santriwati berangkat menuju MI pada pukul 06.30 karena harus mengikuti upacara penyerahan terima santri, upacara yang dihadiri langsung oleh kepala MI dan dari MTs sendiri.
Karena diambil dari artinya sendiri, yakni kata Micro yang artinya kecil dan Teaching artinya mengajar. Dalam Micro Teaching ini, santri mendapatkan amanah untuk menggatikan para guru sampai dengan waktu istirahat, tetapi tidak semua kelas diampu oleh santri, kelas yang diampu yakni hanya kelas IV, V dan VI saja.
Kegiatan ini bertujuan agar para santri siap dalam menghadapi Praktik Dakwah Lapangan (PDL) yang akan dilaksanakan bulan Desember esok. Di MI Muhammadiyah Purwodadi pula para santri dapat merasakan bagaimana menjadi seorang guru dalam membimbing anak-anak usia MI yang masih suka bermain.
Walau hanya mendapatkan waktu yang sangat singkat, para sasntri tetap menggunakan waktu itu dengan baik. Terbukti dari ambisius para siswa dan siswi. “Mbak pulangnya nanti siang aja ! Jangan sekarang !” ungkap salah satu siswa kelas VI saat pengajaran usai.



Walau hanya mendapatkan waktu yang sangat singkat, para sasntri tetap menggunakan waktu itu dengan baik. Terbukti dari ambisius para siswa dan siswi. “Mbak pulangnya nanti siang aja ! Jangan sekarang !” unkap salah satu siswa kelas VI saat pengajaran usai. Waktu hanya berkenalan dan bermain sebentar, para siswa tetap berat melepaskan santri untuk kembali. Melihat banyak siswa dan siswi yang mudah membaur dengan santri, sebaiknya Micro Teaching tahun kedepannya tidak hanya satu kesempatan untuk bertemu dalam satu kelompok, tetapi dua sampai tiga kali. 



Created by :
Kelompok V
  • ·         Salis Nazla As Syifa
  • ·         Annisa Dwi Rachmawati
  • ·         Rahma Yunita
  • ·         Nuning Kartika Sari
  • ·         Niya Kurniyawati
  • ·         Qonita Qurrata A’yun

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin anda suka . . . .

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

Temanggung - (30/7/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang...