Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

Jelang Kedatangan Tamu dari Malaysia
April 15, 2021

Oleh : Aprilia Cahayani dan Suci Al-Amanah/member Kelas Literasi Tsamuha MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung

Temanggung – Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Mumin Muhammadiyah Tembarak Temanggung akan kedatangan tamu dari Mlaysia pada bulan Maret 2019 mendatang. Kedatangan mereka bertujuan untuk menindak lanjuti program Student Exchange setelah sebelumnya 4 santri Al-Mu’min dikirim ke Malaysia dalam program yang sama. Selain saling tukar ilmu pengetahuan, program ini juga berfungsi untuk mengenalkan budaya Indonesia dan Malaysia. Berbagai persiapan telah dilakukan untuk menyambut kedatangan mereka, baik persiapan fisik berupa sarana dan prasarana maupun non fisik berupa sumber daya manusia.

Salah satu persiapan yang dilakukan adalah bersih-bersih lingkungan pesantren besama para Ustadz dan santri. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan baik Kampus 1 maupun Kampus 2 Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah. Kegiatan ini bertujuan untuk menjadikan lingkungan yang bersih, rapid an indah serta menarik. Seluruh santri antusias dalam mengikuti kerja bakti ini. Selain itu mereka juga menyiapkan penampilan ekstrakurikuler yang terdapat di pesantren, meliputi tampilan Tapak Suci, Hizbul Wathan, Pidato 3 bahasa, Tekno Sains, Sains Club, Bimbingan Tekhnologi Informatika, dan ekskul lainnya.

“Dengan adanya kunjuan tamu dari Malaysia bulan Maret mendatang, tentunya ini akan kian mengeratkan tali silaturahmi antara Indonesia dengan Malaysia,” ungkap Niken Faradilla salah satu santri ponpes Al-Mu’min yang berasal dari Wonosobo. Semua santri bahagia dalam kegiatanbersih-bersih menjelang kedatangan tamu dari Malaysia, kegiatan ini juga bisa untuk mengembangkan kreatifitas para santri dalam penataan kerabian dan keindahan pesantren. Selain itu santri juga memiliki andil untuk menjaga kenyamana di pesantren juga kerjasama untuk memajukan pesantren.