Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

Oleh : Afroh Hana Taqiyya, Bety Arwa Raihana

                   PR IPM MTs Al-Mu’min Bidang PIP memiliki kegiatan rutin yang dilakukan setiap hari Senin sore sepulang sekolah. Kegiatan ini biasa disebut dengan Mahfudhot Jalan. Kenapa disebut begitu? Karena, kegiatan ini dilakukan dengan sedikit olahraga, yaotu jalan-jalan ke desa-desa dan sawah sambil mengganti lirik lagu dengan mahfudhot atau kata. Kata mutiara berbahasa arab atau inggris yang diberikan oleh pengurus IPM. Mahfudhot jalan ini termasuk kegiatan turun temurun, karena sudah ada sejak 3 periode IPM.

Pada kegiatan mahfudhot jalan ini pengurus IPM membagi santri menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari kelas 7, 8, dan 9. Pengurus juga mengadakan kuis mufrodat untuk melatih keaktifan santri, itung-itung mencari kader untuk periode yang baru. Santri yang dapat menjawab kuis dengan benar akan berangkat terlebih dahulu bersama kelompoknya ke tempat tujuan yang telah ditentukan.

Kelompok yang menang adalah kelompok yang semangat dan kompak menyanyikan mahfudhot mereka. Dan di pagi harinya mereka akan mengisi mufrodat pagi di kelas.