GAGAS MASA DEPAN PESANTREN, PONPES ALMATERA SELENGGARAKAN DIKLAT KEPESANTRENAN

TEMANGGUNG – (27-28/06/2020) Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak (Almatera) Temanggung yang dikelola langsung oleh Pimpinan Daerah Muhammadiyah Temanggung  mengadakan Diklat Kepesantrenan pada 27-28 Juni 2020. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh musyrif/ah, baik lama maupun baru sejumlah 33 orang. Diklat Kepesantrenan ini dilaksanakan jauh hari sebelum santri datang kembali ke pondok guna mempersiapkan rencana tindak lanjut kinerja para musyrif dan musyrifah tahun 2020/2021. Menyusul akan diselenggarakan workshop yang diikuti oleh seluruh ustadz/ah sejumlah 110 ustadz/ah.

“Diklat ini diadakan guna membekali musyrif/ah untuk memiliki persepsi yang sama tentang pola kepengasuhan santri dan menciptakan teamwork musyrif/ah yang handal, tanggap dan peduli pada kebutuhan santri,” ungkap Samsul, M.Pd., selaku Wadir Bidang Personalia dan Pengembangan SDM.

Ponpes Almatera adalah pondok pesantren yang sejak awal telah menetapkan diri sebagai Pondok Pesantren Tarbiyah, sehingga tidak hanya berpusat pada ta’lim (pengajaran) maupun dirosah (pembelajaran) seperti pondok-pondok lainnya. “Pondok Almatera sejak awal adalah ponpes Muhammadiyah, bukanlah ponpes yang berorganisasi selain Muhammadiyah,” ungkap Ja’far Shodiq, selaku Sekretaris ponpes Almatera.

Kesantrian menjadi sebuah tempat pengembangan rohani. Inti dari kepesantrenan/ kepondokan ada pada kesantriannya, karena yang mengawasi, memantau dan merangkul santri selama 24 jam adalah bagian kesantrian. Meskipun pengajaran dan pembelajaran disampaikan oleh ustadz/ah di madrasah, akan tetapi penanaman nilai, pembiasaan, penanaman dan pengembangan itu ada di kesantrian. Sehinggan, kesantrian adalah kunci utama yang dimiliki oleh Ponpes Almatera yang berpusat pada Tarbiyah.

Diklat Kepesantrenan yang dilaksanakan selama 2 hari ini sangatlah bermanfaat dan sangat membekali bagi musyrif/ah baru maupun lama. Dengan adanya bimbingan ini, para musyrif dan musyrifah telah mempersiapkan diri mereka untuk turut serta menggaga masa depan pondok pesantren dalam menjalankan tugas mereka ditengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) dengan kinerja yang maksimal. (Umi Hasan P.L./ Riza F.K)

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin anda suka . . . .

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

Temanggung - (30/7/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang...