CAPAI 125 PENDAFTAR, MTS AL-MU’MIN TEMANGGUNG SIAP GELAR TES SELEKSI GELOMBANG 1
Oleh :Author

 

oleh: Tim PPDB MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung.

Islam memerintahkan kepada pemeluknya untuk memuliakan tamu. Meski dalam kondisi terbatas tidak ada alasan untuk membuat tamu merasa tidak nyaman. Student Exchange ke SMK Datok Sri Amar Diraja Muar Johor Malaysia, akhir Februari lalu mengajari kami bagaimana menerima tamu sehingga tamu berkesan. Apalagi tamu yang akan hadir kali ini sangat spesial. Sangat spesial dikarenakan  mereka adalah kader persyarikatan, kader ummat dan kader bangsa. Bahkan, mereka lah yang membuat kami tetap eksis Illa Yaumil qiyamah. Insya Allah.

Mereka adalah anak-anak belia yang masih duduk di kelas 6 SD/MI datang di MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung bersama orang tua dan keluarga untuk melaksanakan tes seleksi masuk penerimaan santri baru tahun pelajaran 2018/2019. Kedatangan 125 calon santri dan keluarga hari Ahad, 25/3 memang bermakna bagi kami. Untuk itu telah kami siapkan strategi memberi  makna pada mereka.

 

Begitu tamu sampai di kompleks pondok, Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) akan menyambutnya. Pasukan doreng ini akan membantu dalam urusan parkir dan keamanan. Mereka yang mengendarai mobil akan diarahkan untuk parkir di sebelah utara asrama santri, sedang mereka yang bersepeda motor akan dibantu memarkirkan sepedanya di sebelah selatan asrama santri. Selanjutnya tamu akan diantar Kokam menuju resepsionis. Di sini akan disambut  4 resepsionis dari santriwati IPM Ranting MTs Al-Mu’min yang terdiri atas Dzikrina beserta kawan-kawan yang dengan senyum keramahannya  sudah siap mengalungkan ID Card peserta.

Pada saat ID Card dikalungkan, fotografer fokus  membidik  dengan tepat  untuk jepret-jepret. Selanjutnya peserta akan diantar ke bagian registrasi, dengan arahan anak-anak IPM peserta akan diarahkan menuju ruang kelas tes wawancara, dan dilanjutkan tes baca tulis Al-Qur’an.

Selama ustadz dan ustadzah mewawancarai calon santri dan calon orang tua santri, bagian konsumsi menata snack dan makan siang. Petugas suvenir menata dan memasukkan foto ke dalam pigura cantik yang bingkainya terbuat dari ranting kering, karya anak-anak  ekskul adiwiyata. Sementara itu anak-anak IPM yang bertugas mengumpulkan nilai akan membantu merekap lembar demi lembar. Selain itu, terdapat pula petugas yang akan bertugas menjelaskan di mana posisi kamar kecil berada guna mempermudah akses.

Jika awal kedatangan tamu disambut dengan kalungan ID Card, maka saat pulang calon santri mendapat souvenir foto saat resepsionis mengalungkan ID Card. Dipenghujung serangkaian kegiatan, akhirnya tamu akan dilepas oleh ustadz dan ustadzah bersama  berjajar berjabat tangan mengucapkan terima kasih dan selamat jalan.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Mungkin anda suka . . . .

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

IAIN Kudus Tunjuk MTs Al-Mu’min Menjadi Narasumber KKL Online

Temanggung - (30/7/2020) MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung dibawah naungan Pondok Pesantren Al-Mu’min menjadi narasumber pada kegiatan Online-Field Work Lecture (Online Cross Culture Understanding in Field Work Lecture) yang...