Tsamuha Flash News

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

April 1, 2018

Author

 

Oleh M Thoriqul Ula.

Setiap pagi sebelum kegiatan belajar mengajar dimulai pukul 06.45 WIB, sebelum para santri datang ke madrasah, sebelum bel berbunyi menandakan waktu masuk kelas, sebelum aktivitas pagi dimulai, adalah Pak Joko, yang setiap harinya bersenjatakan sapu dan engkrak, berhiaskan tempat sampah dan beraromakan plastik dan botol bekas, sudah datang lengkap dengan atributnya.

Ya Pak Joko adalah orang yang selalu siap dan sigap membersihkan lingkungan madrasah, mulai dari menyapu bagian yang sulit dijangkau santri, membuang sampah di penampungan sampah sampai pada reparasi bagian-bagian fasilitas madrasah yang rusak adalah tugasnya. Genteng bocor, pagar rusak di makan rayap, pot bunga yang pecah, air pipa yang mambeg atau mati, paving yang copot, jendela kelas yang sudah lepas engselnya, dan sederet pekerjaan lainya menjadi rutinitasnya menjalankan profesinya.

Alumni pengurus PD IPM Temanggung ini sangat murah senyum baik dengan siapapun, tidak melihat itu santri, ustadz, pegawai, ibu dapur atau tamu sekalipun selalu disapanya dengan senyuman yang khas. Sangat murah hati ketika diminta bantuannya, meskipun itu angkat junjung barang-barang berat.

Meskpiun belum lama menjadi bagian dari keluarga besar Pondok Pesantren Al-Mu’min Muhammadiyah Pak Joko sudah mampu menjadi sisi menarik dan lain dari pemandangan Al-Mu’min sehari hari. Yang selalu bisa ditemukan dengan kostum kebesarannya setiap hari menjadikan sosok Pak Joko adalah sisi lain dari aktivitas pondok pesantren.

Dedikasinya terhadap pekerjaan membuat siapapun berfikir bahwa Pak Joko adalah sosok yang sangat bisa memberikan manfaat bagi siapapun yang bertemu, berteman dan bergaul dengannya. Apalagi ditambah Pak Joko menjabat sebagai Ketua Pimpinan Ranting Pemuda Muhammadiyah Gendon Tembarak menjadikannya sosok yang patut diberikan apresiasi serta tauladan pada generasi muda untuk terus bisa memberikan manfaat bagi siapapun.

Lebih lanjut meskipun sebatas membersihkan lingkungan, Pak Joko tetaplah seorang ustadz bagi santri-santrinya yang selalu memberikan contoh pentingnya menjaga kebersihan dan sebagai wujud kesempurnaan seorang muslim untuk mengaplikasikan hadits kebersihan bagian dari keimanan.