Tsamuha Flash News

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

November 12, 2018

Author

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari berbagai suku, ras, golongan, budaya, etnik, bahasa, agama, dan lain-lain. Dengan adanya ragam perbedaan tersebut, membuat kita sulit untuk berkomunikasi. Untuk itu, kita perlu mempelajari bahasa asing. Bukan hanya bahasa dalam negeri, tetapi juga luar negeri. Dengan bahasa, kita bisa pergi ke negara impian kita. Dengan bahasa, kita mampu menggengam dunia. Karena bahasa adalah alat pemersatu bangsa.

Bukan hanya itu, belajar bahasa merupakan proses dalam menuntut ilmu. Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim. Adapun hadist yang menjelaskan hal tersebut, yaitu :

طَللَبُ الْعِلْمِ فَرِ يْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَالْمُسْلِمَتٍ

Artinya: “Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan muslim perempuan”.

Ilmu banyak jenisnya, seperti ilmu umum, Politik, Kesenjangan sosial, Ekonomi, Kesehatan, filosofi, Geologi, Agama, Bahasa dan lain-lain. Karena bahasa merupakan salah satu dari jenis ilmu, maka kita wajib mempelajarinya. Adapun manfaat memepalajaribahasa diantaranya:

  1. Apabila mempelajari bahasa arab, maka dapat mempermudah dalam membaca Al-Qur’an disertai dengan makhraj yang benar serta dapat mengetahui makna yang termaktub di dalamnya.
  2. Apabila mempelajari bahasa asing seperti bahasa Perancis, Spanyol, Portugis, Inggris, Belanda, Jepang dan lain-lain akan membawa kita menjadi seseorang yang las pandangan. Kita dapat keliling dunia dengan modal bahasa. Karena bahasa adalah alat yang memudahkan dalam interaksi komunikasi.
  3. Dengan mempelajari bahasa local, kita dapat melestarikan bahasa sampai dengan generasi yang akan datang. Dengan demikian, kita juga terlatih untuk bersopan santun dengan penggunaan bahasa.

Dengan mempelajari bahasa, kita mampu menorehkan prestasi gemilang yang membanggakan. Contohnya, kita juga dapat berorasi (banyak bahasa) khalayak umum dengan rasa percaya diri yang tinggi. Karena kita merasa bahwa kita mampu dan kita bisa.  (kelas Literasi Tsamuha)