Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

 

Disusun oleh : Afroh H. T., Ulinuha F. M., Mawar L. S./ santri kelas 8 pi 1 MTs Al-Mu’min Muhammadiyah

Dalam rangka mempromosikan ma’had kita, Pondok Pesantren Al Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung bekerja sama dengan Temanggung TV. Sebelum proses shooting berlangsung, telah dilakukan kegiatan gladi bersih agar saat pengambilan gambar mendapatkan hasil yang memuaskan, gladi bersih dilaksanakan H-2 sebelum Shooting berlangsung tepat pada tanggal 17 Februari 2018.

Walaupun merupakan TV daerah, namun Temanggung Tv juga dapat ditoton oleh warga di Negara lain, harapanya dengan adanya shooting tersebut Pondok Pesantren Al Mu’min akan terkenal di Asia tenggara bahkan Dunia. Agar dunia tahu bahwa Mondok Di Al Mu’min adalah sebuah kegembiraan karena belajar di pondok pesantren  memberikan banyak manfaat kita telah membuktikan bahwa mondok itu membuat kita belajar segalanya tentang arti kebersamaan, toleransi, persahabatan, ukhuwah islamiyah dan perwujudan ahlusunah wal jamaah.

Sebagai pondok yang berada di bawah naungan Muhammadiyah, ppara santri disini juga menunjukan menjadi pelajar yang berkemajuan, salah satu contohnya adalah disini terdapat 3 organisasi santri yang dapat melatih kerjasama dan menumbuhkan sifat kedewasaan, ketiga organisasi tersebut adalah IPM (Ikatan Pelajar Muhammadiyah), HW (Hisbul Wathon) dan TS (Tapak Suci). Ketiganya menjadi nahkoda yang mengatur jalanya visi dan misi pondok selain itu disini juga terdapat ekstra peminatan untuk mengali potensi yang dimiliki santri.

Setiap satri tentu memiliki batak dan potensi yang berbeda, maka dari itu disni terdapat peminatan yang beragam pula, untuk santri yang suka menulis dapat mengikuti peminatan literasia atau Jurnalistik, untuk santri yang menyukai tentang penelitian alam dapat mengikuti peminatan sains club, english club, tataboga, sedangkan yang suka menghafal Al-Qur’an bias mengikuti peminata Tilawatil Qur’an nah itulah bebrapa contoh peminatan yang ada di unit Madrasah Tsanawiyah Al Mu’min dan masih banyak lagi peminatan yang lain.

Unit Madrasah Aliyah juga memiliki program ekstrakulikuler seperti tatabusana, tata boga, jurnalistik, sains club dan sahta. Sedangkat untuk unit Sekolah menengah kejuruan (SMK) memiliki ekstrakurikuler seperti tilawah, tapak suci, hisbul wathon, e-Commere (bisnis online) dan juga Photografi.

Sebagai Unit yang membuka jurusan teknik Grafika yaitu desaign grafika dan prosuksi grafika yang juga memiliki program unggulan seperti tahsinul qur’an, Tadabur alam, Student Training, kajian islam dan PKL (praktik kerja lapangan). Dan sekolahpun telah bekerja sama dengan beberapa mitra insudtri seperti PT Gramasurya Yogyakarta, CV Mitra Aksara Mulia, CV Central Grafindo Yogyakarta, CV Design Magelang, Parta Grafika Yogyakarta dan CV Jaya Makmur Semarang.