Santri Tsamuha

 

Berfikir

Dengan fikiran yang jernih dan bersih

Bertindak

Dengan bismillah dan keyakinan

berdoa

Dengan tulus dan pasrah dengan hasil

Adiwiyata Time, lingkungan hijau tempat belajar yang nyaman
January 24, 2021

Oleh

Fatiha Jihad Najma Az Zahra, Shafira Amalia Fatma dan Khanifa Qurrota A‘yun santri kelas 7 Pi dan anggota kelas Literasi.

Jum’at, 31 Agustus 2018, Santriwati Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung berkumpul di halaman Madrasah untuk melaksanakan Adiwiyata Time, kegiatan ini diselenggarakan oleh Ikatan Pelajar Muhammadiyah (IPM) Pimpinan Ranting MTs Al-Mu’min Muhammadiyah Tembarak Temanggung bidang ASBO (Apresiasi Seni Budaya dan Olahraga)

Kegiatan Adiwiyata Time dimulai dengan pembagian tugas, Kelompok satu bertugas membersihkan halaman dan taman Adiwiyata. kelompok dua bertugas membuat Holtikultura. menurut Laffaysa Aurel Nur santriwati kelas 9 Pi  asal Malebo Kandangan Temanggung “ Tanaman di halaman adiwiyata sebelum renovasi penempatannya kurang rapi, setelah adanya Adiwiyata Time keadaan menjadi lebih hijau, bersih, rapi dan terkelompokkan. Manfaat dia adakan kegiatan ini untuk menambah keindahanan madrasah”.

“Tujuan diadakan kerja bakti adalah agar lingkungan bersih dan sehat. sedangkan kegiatan Adiwiyata Time bertujuan untuk melatih kreatifitas dengan memanfaatkan barang bekas menjadi suatu bahan kerajina”, ujar Haifa Avifatus Sholilah, salah satu Santriwati kelas 9 Pi 1 asal Kepil wonosobo.

Kegiatan Adiwiyata di MTs Al-Mu’min Muhammadiyah sangat beragam diantaranya ada  pemanfaatan botol bekas menjadi pot bunga, pembuatan pernak-pernik dari barang bekas, membuat pigura dari ranting dan kardus bekas, bersih-bersih lingkungan madrasah serta penataan pot bunga di sekitar kelas dan kantor. Kegiatan Adiwiyata ini paling tidak diadakan setiap setengah bulan sekali di hari Jum’at.